March 30, 2008

KBB#4-Chocolate Swirl Meringues



I don't normally like to eat meringues. I consider myself as a sweet tooth, but to me personally, meringues taste nothing than sugary cooked egg whites (does that mean I am not totally a sweet tooth?) . I am not sure if the KBB's 4th task can change my opinion about meringues, but once I tried out one nib of the baked meringues, I could not stop!


My children love being in the kitchen, especially my little boy. He's so used to holding a mixer, folding flour into a batter, and of course, being the tester himself. It's just fun working with them, although I have to stay chirpy, explaining this and that. You know, a little boy sometimes is so full of questions, 'why is this, why is that'.


Here's the recipe, taken from Taste Magazine.

Source: Taste.


a dessert for love

4 egg whites

225g caster sugar

1 tsps cornflour

1 rounded Tbs cocoa powder

(I add 1 tsp vanilla extract)

thickened cream to serve


Preheat the oven to 150C fanbake. Line a baking tray with baking paper. Put the egg whites and caster sugar in a large heatproof bowl and sit over a pan of simmering water. Don't let the bottom of the bowl touch the water or the egg whites will scramble. Stir with a wooden spoon until the sugar has completely dissolved and the mixture is quite hot to touch, then immediately remove from the heat.


Whisk egg white mixture using a hand-held electric beater for about 10-15 minutes until very thick, white and glossy. Mix in the cornflour. Sieve in the cocoa powder and, using a large metal spoon, very lightly fold into the meringue using 2-3 strokes. Don't mix it thoroughly.


Spoon the mixture onto the prepared baking sheets in 6 large spoonfuls, making each one as peaky as possible. Put the baking tray in the oven, reduce the temperature to 120C and cook for 1 hour 15 minutes. Turn off the oven and leave the meringues inside until completely cold. Serve with thickened cream.



-----------------

4 putih telur

225g gula kastor

1 sdt tepung maizena

1 sdM coklat bubuk

(saya tambahkan 1 sdt ekstrak vanili)

krim kental untuk sajian


Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja, setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok kayk hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.

Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.

Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag—ab) ke atas loyang 6 buah. Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah meringue kecil—ab). Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit (tergantung panasnya oven masing-masing ya—ab). Matikan oven dan tinggalkan meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.

****************

AAAAAhhhhh... bikin meringue gaya begini susah-susah gampang ya. Tadinya sih aku ga begitu pusing kalo meringue bakal retak atau keluar cairannya dari dalam kubah meringue, tapi karena teman-teman di milis KBB sering teriak-teriak ga puas kalo meringuenya retak-retak, aku jadi ikutan ga puas.



Sejak melayangkan imel kepada mods soal resep ini aku sudah lima kali menguji-coba resep ini: pake metode asli tiga kali, dimodifikasi dua kali dengan penggunaan panas oven yang bervariasi hingga ke 100C, teteeeeeeeeeeb retak. Mbuh ah... Pokoknya meringue gaya coklat ini aku lebih suka. Ditambahin sama ekstrak vanila, dimakan sama peach stew atau vla coklat, mmmm... heft mere mmmmmmm... cuman, kayaknya kurang pas. Meringue macam begini kudu dimakan bareng raspberry coulis atau mascarpone jeruk, biar mengimbangi manisnya.

Sebetulnya meskipun retak, di dalamnya ga begitu amis, mungkin karena coklatnya ya atau ditambahin sama vanila? Pokoknya kangmas dan aku setuju kalau meringue ini enak. Untuk gula juga aku kurangi pemakaiannya, soalnya dari hasil yang pertama, terlalu manis. Dikurangi gulanya bikin meringuenya lebih renyah, menurutku.

*Patroli dulu aaaaaaaaah*

31 comments:

Sheila said...

Mbak Arpiihhh, tanggalnya lupa diganti ya? Kok ditulisnya tgl 5 Maret?
Gini nih enaknya punya anak. Mereka bisa dibudidayakan :D.

Food styling foto yg terakhir keren!! I love it! Love it!

mae said...

cantiiiik... seneng ya dibantu anak2, kalo aku malah bingung karena meringue ku gak retak, petanda kurang mateng kali ya ? Well, what a nice 'n special dessert !

Vin said...

fotonya cantik banget dehh:) apalagi yang ada tangannya, hehehe. Kerennn...

Vin said...

fotonya bagus bangett.. apalagi yang tangan lagi megang kocokan mixer:p bener2 nampilin aktivitasnya!

yohana said...

mbak arfi.... liat fotonya langsung terbayang segarnya..... meringue dimakan ama buah... mmmh.... TFS

mindy said...

emang endang si mereng dimakan pake buah²an. jadi ga terlalu manis. foto terakhir, cakep

Arfi Binsted said...

makaseeeeeee emak2 yeeee aye mau home-schooling duloooo... ntar pada disamperin dah. patroli mode on!

ab

ienas said...

Fotonya keren2.....meringue-nya cantik..

eliza said...

Fi, aku punya gak ada yg retak tuh :D pake piping tip, bikin ada yg gedean, kecil,sedeng, gak ada yg retak. yg paling enak yg kecil karena crunchy sekali. disini dimakan gitu aja, males pake ini itu lagi ;D

ezza said...

fotonya keren2 deh..

Arfi Binsted said...

ineas: thanks.

eliza: ga tahu nih mak punya aye napa retak2 ye?

ezza: ma'aciiihh...

Ayu said...

Mbak Arfiiiii.. Cakeb banged meringue-nyaaahh.. :D
Seru ya, krucil ikutan bikin.. :))

Dapurmamakoe said...

Mba arfiiiiii teteb fotone buaguuusss cuakeeeep makyooooooss....maringue nya juga bagusss..ngga' kaya aku..hua..hu..hu..teteb apling jelek....hiks....

kartika said...

Gambarnya yang pertama lutuuuuu..., my mereng yang belakangan di swirl ada caramelnya juga tuw...

Cakelaw said...

These meringues look scrumptious! It's great that your little boy enjoys cooking - he can help you out, and a good cook melts hearts.

Widya Puteri said...

cuman bisa bilang "wow" foto dan meringuenya cantik, aku belum menemukan yang senasib denganku mbae.. yang mimpes mimpes.. jangan2 cuman aku dhewe yang bernasib demikian? hiks hiks hiks..

molly said...

blm pasang logo lulus KBB4 euy, masih gaptek di MP sih :">

kata trixie koq foto2nya kayaq di majalah2 sih ?
he he blm tau tante ab sih yaa ;)

Dita said...

Huhuy...jadi doyan nih?
btw, anak2 tuh klo dilibatin malah jadi gak ngrecokin, ya. Cuman ya gitu deh, hrs siap ngladenin pertanyaan mrk, apa2 ditanya.

Widya Hidayat said...

Waaaaaa...... Seneng nya dibantuin sama Ben ^_^ - apik tenan toh mba Mereng nya, punyaku ga kelihatan Coklat nya hiks :(

rita bellnad said...

itu home schooling-nya termasuk maenan sama mixer bukan ?

nurut aku mereng ini enak ya di campur ma coklat pait..beda banget... lebih laku klo pakek coklat

thanks mpok dah nggerakin kita bikin mereng

sarifatmi said...

two tumbs up buat Mba Arfi, spt kata Trixienya Mba Molli, fotonya kyk yg di majalah2, bgs bgt. Merengnya juga putih banget. Klo sy masih putih gitu blom diangkat soalnya tkt blom mateng. Sama mereng saya jg retak2 Mba...

Arfi Binsted said...

semua, makasih banget dah dikunjungi hehehe... met ketemu lagi di tantangan berikutnya!

Elsye said...

telat komennn...qiqiqiq, cakeppp mbak meringuenyaaa...mauuuuu, apalagi dikasih pechh topppp dehhhh :D

Mrs. Baasje said...

Benar Fie,
dimakan dgn buah yg agak masam dan krim tanpa gula ngilangin manisnya. Sayang cuma bisa makan 1.

Sofie said...

awal bikin, mereng sy juga retak2 mba.. tapi org2 di rumah seneng2 ajah tuh. Malah balik nanya, "bukannya emang mereng suka retak2"?.. hehehe.. cuman ya itu kekomporin sama temen2 di milis, jadinya bikin lagi.. bikin lageee.. :D

Elsye said...

salah mbak...itu maksute peach...qiqiqiqi....

Sofie said...

foto2 sm merengnya udah pasti keren abizz deh.. sy suka foto yang pertama :D

mamanyachris said...

ini enaknya punya anak yg bisa dikaryakan ya fi..assistan sekaligus model..hihihi..

Regina said...

mantap koq mbak!

akhirnya aku punya ada yg gak retak setelah panasnya diturunin.

santi said...

keeereeenn rek... kapan ya aku bisa bikin poto keren gini? siipp.. mbak...

Arfi Binsted said...

hehehe elsye, gpp telat; ellen, iya emang enak pake buah2an, daripada dimakan begitu aja, eneg; sofie, eh ada yang senasib hehehe; lanny, itu kan sumber daya nantinya, perlu ditraining dulu; regina, masih penasaran nih!; santi, makasih :D